Tuesday, January 31, 2012

PROTOKOL ALOHA

Definisi
Protokol yang digunakan untuk menentukan giliran pada saluran multiaccess terdapat pada sublayer dari data link layer yang disebut MAC (media access control) sublayer. Peranan MAC sublayer sangat penting bagi sebuah LAN, hampir semua yang menggunakan saluran multiaccess menentukannya sebagai basis komunikasi. Sebaliknya WAN menggunakan link point to point, kecuali jaringan satelit. Karena saluran multiaccess dan LAN sangat berkaitan erat  secara teknik, MAC sublayer merupakan bagian terbawah dari data link layer. 

Masalah Lokasi Saluran
Alokasi saluran statik pada LAN dan MAN
Cara tradisional dalam mengalokasikan sebuah saluran misalnya kabel telepon dengan banyak pengguna yang berkompetisi adalah dengan menggunakan Frequensy Division Multiplexing (FDM).
Saluran Dinamik Pada LAN dan MAN ;
1. Model Stasiun. Model terdiri dari n buah stasiun yang independent (komputer telepon alat komunikasi pribadi, dll) yang masing-masing memiliki program dan pengguna yang menghasilkan frame untuk trasmisi, stasiun akan diblokir dan tidak melakukan apapun juga sampai frame tersebut berhasil ditrasmisikan.
2. Asumsi Saluran Tunggal saluran tersedia bagi semua jenis komunikasi, semua stasiun dapat mentrasmisikan melalui saluran tersebut dan semua dapat menerima melalui saluran itu juga. Selama hardware diperhatikan, semua stasiun adalah ekivalen, walaupun software protokol mungkin memberikan prioritas tertentu padanya.
3. Asumsi Tabrakan bila dua buah frame ditrasmisikan secara bersama, keduaanya bertumpah tindih waktunya dan akan menyebabkan signal yang rusak. kejadian ini dinamakan tabrakan (collision). Semua stasiun dapat mendeteksi tabrakan. Frame yang bertabrakan harus ditranmisikan ulang. Tidak terjadi error lainnya selain yang disebabkan oleh tabrakan.
4. a.Waktu Kontinu. Tranmisi frame dapat dilakukan setiap saat tidak terdapat master clock yang     berbagi waktu menjadi interval-interval diskrit.
   b.Waktu Slot Waktu dibagi menjadi  interval – interval diskrit (slot). Trasmisi frame selalu dimulai pada awal sebuah slot. Sebuah slot dapat berisi 0, 1, atau lebih frame, yang masing-masing berhubungan dengan slot yang idle, transmisi yang berhsil dan tabrakan.
5. a.  Carrier Sense. Stasiun dapat mengetahui bahwa suatu saluran sedang dipakai sebelum mencoba menggunakannya, bila saluran sedang sibuk maka tidak akan ada stasiun yang akan mencoba menggunakannya sampai saluran tersebut berada dalam keadaan idle.
   b.  No Carrier Sense. Stasiun tidak dapat merasakan keaadaan suatu saluran sebelum menggunakanya. Stasiun mencoba menggunakan menggunakan dan menggunakan trasmisi. Setelah beberapa saat kemudian stasiun akan mengetahui bahwa apakah trasmisi tersebut berhasil atau gagal.

MULTIPLE ACCESS PROTOKOL

ALOHA


  Pada 1970-an, Norman Abramson dan rekan sejawatnya di Universitas Hawai membuat sebuah metode untuk menyelesaikan masalah alokasi saluran yang baru dan baik sekali. Setelah itu karya mereka telah dikembangkan oleh para peneliti (abramson, 1985). Walaupun karya abramson, dikenal sebagai sistem Aloha, menggunakan broadcasting radio permukaan, ide dasarnya dapat diterapkan bagi beberapa sistem pengguna-pengguna yang tidak dapat terkoordinasi berkompetisi untuk memakai sebuah saluran tunggal yang dipakai bersama.



ALOHA MURNI

Ide dasar Aloha sangat sederhana : membiarkan pengguna  untuk melakukan trasmisi kapan saja bila memiliki data yang akan dikirimkan. Tentu saja akan terjadi tabrakan, dan frame-frame yang bertabrakan akan hancur, akan tetapi sehubungan dengan sifat umpan balik dari broadcasting, pengirim selalu mengetahui apakah frame yang dikirim sudah rusak atau tidak dengan cara mendengarkan saluran, sama seperti cara yang dipakai oleh pengguna lainnya.

Pada LAN, umpan balik bersifat segera: pada satelit, terdapat delay 270 milidetik sebelum pengirim mengetahui keberhasilan sebuah trasmisi. Bila frame telah rusak, maka pengirim perlu menggirim dalam waktu Random dan megirimkannya kembali, waktu tunggu harus random atau frame-frame yang sama akan terus bertabrakan sistem yang memiliki banyak pengguna yang menggunakan bersama-sama sebuah saluran umum yang pada gilirannya akan manyebabkan konflik dikenal luas sebagai sistem contention (persaingan).

ALOHA Berslot

Pada 1972, Robers menerbitkan metode untuk mengadakan kapasitas sistem ALOHA (Roberts, 1972). Dalam proposalnya ia membagi waktu kedalam interval-interval diskrit, yang masing-masing intervalnya berkaitan dengan sebuah frame.Pendekatan ini memerlukan persetujuan pengguna tantang batas-batas slot.

Satu cara untuk memperoleh sikronisasi harus memiliki sebuah stasiun khusus yang mengemisikan sebuah pipa pada awal setiap interval, sepertihalnya sebuah jam

Dalam metode roberts, yang sekarang dikenal sebagai ALOHA berselot komputer tidak diijinkan untuk mengirimkan sesuatu  setiap saat tombol ENTER diketikkan, akan tetapi, pengiriman frame memerlukan waktu tunggu sampai awal slot berikutnya.














1 comment: